Tangerang, 27 Maret 2025 - Dalam semangat berbagi kebahagiaan di bulan suci Ramadan, Gramedia bersama Dompet Dhuafa menggelar kegiatan untuk menyerahkan secara simbolis donasi regional berupa mushaf Quran hasil kontribusi pelanggan Gramedia. Acara ini berlangsung pada 26 Maret 2025 di Gramedia World BSD dan menjadi bagian dari kolaborasi antara Gramedia, Dompet Dhuafa, dan Al Qosbah untuk meningkatkan literasi keagamaan di berbagai daerah.
Total donasi yang terkumpul dari pelanggan Gramedia yakni sebesar Rp 744.000.000 selama periode 10 Februari hingga 23 Maret 2025. Dana tersebut telah digunakan untuk pengadaan 18.703 mushaf Quran, yang nantinya akan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia. Kolaborasi dengan Dompet Dhuafa dalam program ini sejalan dengan visi Gramedia sebagai lebih dari sekadar penyedia buku dan alat tulis, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang berdampak positif bagi komunitas.
Sebagai salah satu perusahaan ritel dan penerbit buku terbesar di Indonesia, Gramedia terus berkomitmen memperluas dampak sosial melalui berbagai program filantropi. Kolaborasi dengan Dompet Dhuafa dalam inisiatif ini menegaskan dedikasi Gramedia dalam mendukung pendidikan dan literasi, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan akses lebih baik terhadap sumber belajar.
Selain penyerahan donasi, acara ini juga menjadi momen kebersamaan bagi 30 anak yatim yang diundang untuk mengikuti berbagai kegiatan interaktif. Mulai dari menikmati sesi hiburan berupa dongeng dan berbagi ilmu, berbelanja kebutuhan pendidikan di Gramedia World BSD, serta berbuka puasa bersama. Tidak hanya itu, anak-anak juga berkesempatan menikmati berbagai wahana permainan yang telah disediakan untuk menambah keceriaan suasana.
Sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan anak-anak yatim, setiap peserta menerima voucher belanja dengan total senilai Rp12.000.000 untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka. Selain itu, mereka juga mendapatkan santunan sebesar Rp6.000.000. Kehadiran KOL, influencer, dan penulis buku turut memeriahkan acara, sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi bagi anak-anak yang hadir.
“Ini adalah kolaborasi pertama Gramedia dan Dompet Dhuafa, inisiatif ini datang dari komitmen antara Gramedia dan Dompet Dhuafa yang beririsan. Kami Bersama-sama ingin menebar kebaikan terkhusus di bulan Ramadan. Maka dari itu, dengan program ini, harapannya dapat menjadi awal pula perjalanan kolaborasi baik antara Gramedia dan Dompet Dhuafa”, Ucap Elizabeth Driemirda Primasari selaku Regional Manager D Gramedia.
Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi Islam yang memiliki 23 cabang di Indonesia, telah berperan aktif dalam pemberdayaan kaum dhuafa sejak tahun 1994. Melalui pendekatan berbasis budaya, lembaga ini menggabungkan aktivitas filantropis serta wirausaha sosial profetik, yang dikelola dengan semangat kewirausahaan. Untuk mendukung misinya dalam mengatasi kemiskinan, Dompet Dhuafa menjalankan lima pilar utama, yaitu sosial, dakwah dan budaya, kesehatan, ekonomi, serta pendidikan.
“Dompet Dhuafa merasa bahwa kebaikan itu memang tidak hanya dilakukan pada saat Ramadan saja. Kalau kita di jalan dan melihat sekitar, banyak sekali contoh kebaikan yang sangat menyentuh hati. Di bulan Ramadan, Dompet Dhuafa secara rutin memberikan santunan kepada anak Yatim, dan tahun ini kami bekerja sama dengan Gramedia. Harapannya kebaikan yang kami berikan bisa lebih meluas dirasakan oleh semua kalangan”, ucap Andriansyah selaku Ketua Ramadan Dompet Dhuafa.
Kolaborasi Gramedia dengan Dompet Dhuafa dalam program donasi ini merupakan bentuk dari komitmen bersama untuk terus mendukung kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan. Dengan adanya inisiatif seperti ini, diharapkan semakin banyak pihak yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam menciptakan dampak positif yang lebih luas.