Jakarta, 14 Maret 2025 – Elex Media, salah satu unit penerbit buku dari Gramedia, bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Kementerian Ekonomi Kreatif untuk menghadirkan branding tematik Ramadan-Lebaran 2025. Peluncuran resmi ini digelar di Stasiun Gambir pada 14 Maret 2025. Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan pengalaman mudik yang lebih berkesan bagi masyarakat dengan sentuhan kreatif dari karakter komik lokal yang telah diterbitkan oleh Elex Media.
Sebagai bagian dari komitmennya dalam mendukung industri kreatif nasional, Elex Media menghadirkan karakter ikonik dari komik populer, yaitu Gajelas karya Jasmine H. Surkatty, Si Bedil karya Seto Buje, serta Tuti and Friends karya RM Fajar. Ketiga karakter ini akan menjadi elemen utama dalam berbagai aset visual yang diterapkan di sejumlah stasiun utama, rangkaian kereta, serta berbagai merchandise eksklusif yang bisa didapatkan oleh para penumpang.
Peluncuran ini dihadiri oleh oleh Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar; Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo; General Manager Publishing Gramedia, Wahyu Raharjo; jajaran dari Kementerian Koordinator Infrastruktur dan Kementerian Perhubungan; serta para kreator komik, yaitu Jasmine H. Surkatty, kreator komik GaJelas, dan Seto Buje, kreator Bedil. Kehadiran mereka menegaskan dukungan terhadap industri kreatif lokal dan pentingnya budaya mudik bagi masyarakat Indonesia.
Dalam acara ini, Direktur Utama PT KAI menyampaikan dukungannya terhadap kolaborasi ini, “kolaborasi ini bukan hanya bertujuan untuk mempercantik stasiun dan rangkaian kereta, tetapi juga mengangkat kreativitas lokal ke tingkat yang lebih luas. Harapannya, inisiasi ini dapat terus berkembang, dan membuka lebih banyak peluang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dalam menciptakan ekosistem transportasi yang lebih berwarna, inovatif, dan berdaya saing”.
Para kreator komik juga turut serta dalam sesi perkenalan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk berkolaborasi. Semoga kolaborasi ini dapat terus berlanjut. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami bisa berkolaborasi dengan KA dalam kampanye Mudik Lebaran tahun ini”, ujar Jasmine H. Surkatty mewakili para kreator
Puncak acara ditandai dengan seremoni penyerahan mockup komik bertema “Tipe Pemudik” oleh Jasmine H. Surkatty dan Seto Buje kepada Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar. Setelah itu, Wakil Menteri Ekonomi Kreatif menyerahkan mockup tersebut kepada Direktur Utama PT KAI sebagai simbol kolaborasi yang memperkuat keterlibatan industri kreatif dalam sektor transportasi publik.
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar menyampaikan pesan dari Menteri Ekonomi Kreatif yakni Teuku Riefky Hasya, bahwa, kolaborasi ini merupakan wujud dukungan kreasi anak bangsa melalui Intellectual Property (IP) lokal. Ia berharap, ke depannya sektor ekonomi kreatif dapat menjadi salah satu pilar utama dalam mendukung ekonomi Indonesia.
Sebagai penerbit yang telah lama menjadi bagian dari perkembangan industri literasi dan komik di Indonesia, Elex Media berkomitmen untuk terus menghadirkan karya-karya yang relevan dengan keseharian masyarakat. Kolaborasi ini tidak hanya bertujuan untuk memperindah tampilan visual di lingkungan stasiun dan kereta, tetapi juga menghadirkan sentuhan nostalgia dan humor khas Indonesia dalam pengalaman perjalanan mudik Ramadan dan Lebaran 2025.
Sebanyak 27 stasiun utama di Indonesia, termasuk Gambir, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng, akan menjadi lokasi implementasi branding ini. Selain itu, KAI juga menyiapkan berbagai merchandise edisi terbatas bertema Ramadan-Lebaran untuk para penumpang.
Suasana dan tampilan gate di Stasiun Gambir yang telah dihias elemen visual karakter komik Gajelas, Si Bedil, dan Tuti
Branding tematik ini hadir dalam berbagai bentuk yang tersebar di beberapa area strategis stasiun dan kereta. Elemen visual kampanye meliputi gate, photo booth, dekorasi gantung, LED motion graphics, hingga livery kereta yang menampilkan karakter-karakter ikonik dari komik Ga Jelas, Si Bedil, dan Tuti and Friends. Dengan desain yang menarik dan penuh warna, branding ini diharapkan dapat menambah kesan menyenangkan bagi para penumpang selama perjalanan mudik.
Melalui sinergi ini, Elex Media berharap dapat terus mendukung perkembangan industri kreatif Indonesia serta memberikan nilai tambah bagi para pengguna layanan KAI dalam momen mudik yang penuh makna. Dengan menghadirkan karakter-karakter yang dekat dengan keseharian masyarakat, Elex Media ingin menjadikan perjalanan mudik lebih seru, penuh nostalgia, dan berkesan bagi para penumpang.