Jakarta, 25 November 2025 — Gramedia kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung literasi dan isu iklim di Indonesia melalui kolaborasi bersama Save the Children Indonesia pada Festival Aksi Generasi Iklim 2025. Acara ini digelar pada Sabtu, 22 November 2025, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Festival yang merupakan bagian dari rangkaian Kick Off Gerakan Aksi Generasi Iklim diinisiasikan oleh Kemenko PMK dan Save the Children Indonesia untuk memperingati Hari Anak Sedunia yang jatuh pada 23 Juli 2025 lalu.
Festival ini semakin memperkuat peran Gramedia dalam aksi iklim dan literasi melalui Deklarasi & Penandatanganan Komitmen Bersama dan peluncuran program kolaborasi dengan Save the Children Indonesia. Pertunjukan teater multimedia bertajuk Aku, Kamu, Kita adalah Bumi, serta tiga pertunjukan imersif yang masing-masing mengusung tema Nafas Bumi, Penderitaan dan Kesakitan, serta Kesaksian dan Panggilan Aksi juga turut meramaikan penyelenggaran Festival Aksi Generasi Iklim 2025.
Matheus Manasye Lenggu sebagai perwakilan Gramedia, sampaikan komentarnya terhadap pertunjukan imersif Aku, Kamu, Kita adalah Bumi.
“Pertunjukan imersif tadi memberikan gambaran yang jelas dan jujur mengenai hubungan manusia dengan bumi. Pertunjukan ini sebagai pengingat kita untuk mengambil peran dalam upaya perlindungan lingkungan,” Puji Matheus Manasye Lenggu, S.E., M.M sebagai perwakilan dari Gramedia.
Selain mempersembahkan kekayaan seni Indonesia, Festival Aksi Generasi Iklim 2025 juga menjadi momentum penting dengan terlaksananya penandatanganan MoU antara Gramedia dan Save the Children Indonesia sebagai langkah awal kolaborasi program terbaru kedua pihak.
Bersama dengan Save the Children Indonesia, Gramedia mengumumkan program penerbitan dua buku Aksi Generasi Iklim:
- Buku inspiratif hasil program crowdfunding yang akan didonasikan kepada anak-anak binaan Save the Children Indonesia, disertai kegiatan penguatan literasi oleh tim Save the Children Indonesia.
- Buku interaktif yang didanai sponsor dan akan dipasarkan oleh Gramedia untuk meningkatkan kesadaran isu iklim bagi anak. Seluruh hasil penjualan buku interaktif ini akan didonasikan kembali kepada Save the Children Indonesia untuk mendukung program penguatan literasi.
Matheus menambahkan, “Selain dua buku tersebut, kami juga membuka kesempatan bagi masyarakat dan para mitra untuk ikut serta dalam program crowdfunding. Kami berharap dukungan ini dapat memperluas dampak dan memastikan lebih banyak anak mendapatkan akses terhadap bahan bacaan berkualitas.”
Festival Generasi Aksi Iklim turut dimeriahkan oleh rangkaian acara lainnya, seperti permainan cerdas iklim, pameran eco-friendly products, dan pertunjukan musik oleh Saung Angklung Udjo dan Purwacaraka yang menghadirkan nuansa hangat bagi para peserta yang hadir.
Gramedia percaya bahwa anak dan orang muda adalah agen perubahan dalam menghadapi krisis iklim. Karena itu, Gramedia mengambil peran aktif dalam menyediakan akses literasi melalui program kolaboratif yang membantu meningkatkan kesadaran serta menghadirkan solusi terhadap isu iklim di Indonesia.